Pentingnya Olahraga Bagi Lansia

Kenapa olah Raga Penting Bagi Lansia?

Bertambah umur dan semakin Menua mungkin itu adalah hal yag wajar dan Biasa bagi semua makhluk hidup terutama manusia.Memasuki usia senja, bagi sebagian orang seringkali dianggap sebagai memasuki masa-masa untuk beristirahat dari semua kegiatan.
Banyak orang yang gemar berolah raga tapi karena sudah memasuki usia tua malah menghentikan kegitan olahraganya. padahal hal itu kurang lah tepat,sebenar nya kita hanya perlu mengurangi kegiatan berolahraganya tanpa harus menghentikan kegiatanya.rajin berolah raga di usia tua bisa memberikan hal positif bagi tubuh seperti, memiliki keseimbangan tubuh yang stabil, tidak rentan terkena penyakit dan bisa meningkatkan gairah hidup

  • Hasil Studi

Para peneliti University College London melakukan studi terhadap 3.500 lansia di Inggris. menemukan fakta, mereka yang berusia 60 ke atas yang gemar berolahraga, memiliki kemungkinan tiga kali lebih besar untuk tetap sehat selama delapan tahun berikutnya ketimbang mereka yang hanya duduk-duduk dengan malas.

  • Olahraga Apa yg tepat di lakukan Lansia??

Untuk jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan bagi para usia lanjut atau lansia tidaklah sulit, cukup dengan anda membiasakan diri untuk berjalan santai, memotong rumput, berenang, bersepeda santai, membersihkan rumah, atau barbelanja. Hal ini bisa dilakukan sehari-hari dan sangat besar manfaatnya. Dengan melakukan aktivitas ini berarti anda sudah membiasakan untuk hidup sehat dan secara tidak langsung manfaat olahraga akan terasa..

Namun jika anda merasa masih mampu untuk beraktivitas lebih, olahraga bagus menyarankan untuk mlakukan aktivitas olahraga yang sedikit menguras tenaga seperti misalnya:

  • Latihan aerobik:

Seperti misalny berjalan kaki atau bersepeda dengan menggunakan penghitungan waktu selama 30 menit dan dilakukan 4 kali dalam seminggu.

  • Latihan kekuatan:

Seperti misalnya mengengkat botol air mineral yang terisi, atau naik turun satu tangga. Semua dilakukan dengan berulang dan diawali dengan per lahan.

  • Latihan keseimbangan:

Seperti misalnya berdiri pada satu kaki lalu dihitung satu sampai sepuluh, atau berjalan mengikuti garis lurus dengan tangan di rentangkan.

Latihan ini sangat penting karena memiliki bukti ilmiah guna meningkatkan kesetabilan tubuh dan menghindari penuaan dan kepikutan. Dengan demikian manfaat olahraga bagi usia lanjut/lansia ini sangat luarbiasa jika dilakukan dengan sangat baik dan harus didorong dengan kemauan yang sangat tinggi.

Itulah ulasan tentang manfaat olahraga bagi usia lanjut/lansia.
Semoga Bermanfaat.

Insan Medika Home Health Care Provider
www.insanmedika.co.id

Tag: articles

Jabbar