Caregiver Insan medika

Menjadi Caregiver Yang Terampil

Tips Menjadi Caregiver yang Terampil

Dalam dunia kesehatan khususnya homecare kita tidak asing dengan istilah Caregiver atau Perawat Lansia. Caregiver sendiri adalah Pelaksana intervensi kesehatan pasien secara intensif di rumah pasien secara terkonsep dan terarah.
Banyak point atau tips agar kita menjadi seorang caregiver yang kreatif guna membantu proses penyembuhan pasien. Beberapa cara kreatif sangat berpengaruh terhadap kesembuhan fisik dan psikis pasien.
Beberapa cara agar menjadi caregiver  yang terampil :

  • Disiplin

Menjadi caregiver harus bisa disiplin agar pasien bisa dirawat secara optimal, tersusu dan terarah. Contoh “Pak minum obat dulu, sudah jam 7 ya, kalau tidak nanti darahnya naik lagi”. Contoh kecil dalam memberikan obat terhadap pasien.

  • Sabar

Caregiver yang merawat pasien memang dituntut dengan penuh kesabaran dan cinta kasih. Karena kita tahun bahwa diusia tua orang sakit akan lebih manja, kembali seperti anak kecil dan butuh perhatian yang lebih. Contoh “kamu ambilkan saya roti yang dingin, ambilnya jangan pakai tangan kamu kotor, saya tidak suka, kamu orang kampung”. Kita dikata seperti apapun memang harus sabar, kembali lagi bahwa orang yang kita rawat adalah orang sakit dan sudah usia lanjut.

  • Murah Senyum

Seperti penjabaran sabar, seberat apapun perintah pasien kita harus sabar dan selalu tersenyum. Banyak survey membuktikan bahwa satu senyuman kita adalah moodboster untuk pasien. Dengan 3 S (senyum,sapa,salam) pasien akan lebih merasa dia diperhatikan, dihargai dan dimengerti.

  • Cekatan

Sebagai caregiver kita harus cekatan dalam menanggapi pasien. Contoh “pasien demam tinggi, dan sebagai caregiver kita harus segera kompres dan memberikan obat”

  • Tanggung Jawab

Pengguna Jasa memilih caregiver untuk merawat orang tua/orang sakit karena pengguna jasa tidak ada waktu lebih untuk menemani pasien. Sebagai caregiver yang telah dipilih pastinya kita sudah diberikan tanggung jawab lebih, maka dengan itu laksanakan semua tugas dengan penuh pertanggung jawaban.

  • Humor

Humor sangat berpengaruh, dengan adanya humor pasien tidak akan merasa jenuh dan bosan dengan ADL nya yang terbatas. Sebagai caregiver kita harus bisa memberikan sedikit guyonan agar psikis pasien tidak merasa tertekan juga.

  • Motivasi

Selalu berikan motivasi pasien, berikan support dan dukung pasien untuk kesembuhan dan usia harapan hidupnya tinggi. Contoh "Ayo pak pelan-pelan kita berdiri, aku bantu bapak dari belakang ya, yakin pasti bapak bisa, kita harus latihan terus ya"

  • Bermain

Teknik bermain memang bagus untuk pasien. Teknik bermain dapat mengasah otak dan kemampuan kognitif pasien. Bisa menigkatkan fungsiolesa pasien. Contoh : bermain tebak warna, berhitung, menyusun puzzle dll.

 

Insan Medika Home Health Care Provider
www.insanmedika.co.id

Tag: articles

anang hafis