FAQ

Perawat adalah karyawan Insan Medika Persada yang ditempatkan pada Pengguna Jasa, sehingga tunduk dan patuh pada aturan dan tata tertib Insan Medika. Perawat tidak diperkenankan memiliki kontrak dalam bentuk apapun dengan Pengguna Jasa selama masa keanggotaan masih aktif. Sebagai perjanjian kerja, Insan Medika Persada menerbitkan Surat Perjanjian/ Kontrak Pengambilan Perawat yang ditandatangani oleh Insan Medika dan Pengguna Jasa. Surat Perjanjian memiliki masa aktif sesuai dengan paket pilihan layanan. Setelah masa kontrak habis, Pengguna Jasa dapat mengajukan perpanjangan layanan atau berhenti menggunakan layanan Insan Medika

Setiap Tenaga Perawat yang ditempatkan pada Pengguna Jasa adalah karyawan dari P.T. Insan Medika Persada, oleh sebab itu Penggunan Jasa tidak diperkenankan untuk memberikan fee langsung ke Perawat kecuali uang cuti. Dalam pembayaran fee Perawat, Insan Medika menggunakan sistem payroll atau penggajian serentak yang dilakukan oleh Bank Mandiri yang langsung ditransfer ke rekening masing-masing perawat pada tanggal 15. Adapun Pengguna Jasa wajib membayarkan fee melalui transfer ke Perusahaan paling lambat tanggal 10 setiap bulan. Apabila Perawat bekerja dimulai sebelum tanggal 15, maka fee perawat akan dihitung harian dari hari pertama tanggal bekerja hingga tanggal 14, baru pada tanggal 15 dihitung 1 bulan penuh hingga tanggal 15 bulan selanjutnya. Jika Perawat bekerja setelah tanggal 15 maka penghitungan tetap dihitung per hari. Besarnya fee harian adalah fee/ gaji pokok dibagi 28 hari. Pengguna Jasa wajib membayar deposit gaji Perawat di awal

Pengguna Jasa berhak untuk mendapatkan ganti Perawat baru apabila ada ketidakcocokan dengan Perawat selama masa garansi. Untuk garansi penukaran hanya berlaku di paket Gold dan Silver saja. Untuk penukaran Perawat, biaya pengiriman atau transportasi Perawat pengganti dibebankan kepada Pengguna Jasa termasuk biaya pemulangan Perawat yang lama. Untuk menghindari terjadinya penggantian perawat, Pengguna Jasa diharapkan untuk memberikan waktu kepada setiap Perawat untuk beradaptasi dengan lingkungan. Penyebab utama ketidakcocokan antara Pengguna Jasa dengan Perawat biasanya disebabkan karena Pengguna Jasa tidak memberikan kesempatan kepada Perawat, sehingga diperlukan waktu penilaian atau evaluasi selama sebulan sebelum mengambil keputusan.

Apabila ada ketidakcocokan dari Perawat, maka Perawat boleh mengajukan untuk penggantian Pengguna Jasa setelah satu bulan bekerja . Biasanya Perawat tidak betah karena, jam kerja terlalu overtime sehingga tidak ada waktu untuk istirahat cukup. Namu perusahaan akan menanyakan penyebab kenapa tidak betah kerja terlebih dahulu, Insan Medikai akan mendengar dahulu keluhan-keluhan dari Perawat, kemudian akan mengkonfirmasikan atau menanyakan langsung ke Pengguna Jasa dan bersama-sama mencari jalan keluar atau solusi. Namun jika Perawat tetap bersikeras untuk diganti maka Perusahaan akan mengganti dengan catatan apabila sudah ada calon Pengganti, Apabila Perawat pulang sebelum ada pengganti, maka Perawat akan mendapat sanksi keras dari Perusahaan. Biaya transportasi pulang dan kedatangan Perawat pengganti menjadi beban Perawat yang bersangkutan.

Apabila Pengguna Jasa sudah tidak menggunakan jasa Perawat Insan Medika dan sebelum jatuh tempo kontrak berakhir karena berbagai faktor, maka Pengguna Jasa tidak bisa menarik kembali biaya administrasi. Hal ini sebagai resiko Pengguna Jasa.

Apabila Pengguna Jasa ingin memperpanjang kontrak, dapat menghubungi Insan Medika 1 minggu sebelum kontrak berakhir. Apabila terjadi kecocokan antara Pengguna Jasa dan Perawat, maka Pengguna Jasa dapat menggunakan Perawat yang sama dengan catatan Perawat berhak mendapatkan cuti selama 7 hari (seminggu) sebelum kembali melanjutkan perpanjangan kontrak, dan biaya kepulangan Perawat ditanggung oleh Pengguna Jasa (biaya kembali ke Client ditanggung Perawat sendiri). Untuk perpanjangan kontrak dikenakan 70% dari biaya administrasi awal, apabila Pengguna Jasa menghendaki Perawat baru maka, biaya transportasi menjadi beban Pengguna Jasa.

Setiap bulan Perawat mendapatkan hak untuk cuti/ libur 2 kali dalam sebulan. Untuk waktu cuti/libur berdasarkan kesepakatan sendiri antara Pengguna Jasa dan Perawat. Apabila Perawat tidak mendapatkan jatah cuti/libur, maka Pengguna Jasa wajib menggantikannya dengan uang cuti. Uang cuti diberikan langsung ke Perawat secara cash bersamaan dengan pembayaran fee Perawat ke Insan Medika melalui transfer. Setiap Perawat berhak mendapatkan libur/cuti hari besar keagamaan sesuai dengan keyakinan yang dianut, lamanya cuti selama hari Raya adalah 10 hari. Apabila Perawat tidak mengambil cuti hari Raya, maka Pengguna Jasa wajib mengganti dengan infal. Uang infal dibayarkan ke Insan Medika bersamaan dengan fee bulanan. Apabila Perawat mengambil cuti hari Raya, Pengguna Jasa dapat mengambil Paket Infal dari Insan Medika dengan konfirmasi 1 minggu sebelum hari H

Selain kondisi kerja yang kondusif, Perawat juga membutuhkan komunikasi yang baik dengan Pengguna Jasa dan pasien. Rasa saling pengertian wajib untuk diberikan antara Pengguna Jasa dan Perawat, Jam kerja yang realistis juga mempengaruhi kinerja. Apabila Perawat terlalu diforsir untuk bekerja tanpa jam istirahat yang cukup, maka Perawat akan stres dan jenuh dan kinerja akan menurun sehingga akan menyebabkan pekerjaan tidak fokus. Teguran dengan cara kasar atau menyinggung akan mempengaruhi psikologi Perawat sehingga akan merawat Pasien dengan asal-asalan. Oleh sebab itu penggunaan teguran yang halus wajib diberikan, apabila Perawat tidak bekerja semestinya dengan baik dan sudah mendapatkan teguran, maka Pengguna Jasa dapat menghubungi Insan Medika untuk mencari jalan terbaik. Selain itu Pengguna Jasa harus memperhatikan masalah makan, selalu memastikan Perawat mendapatkan sarapan atau makan sebelum beraktifitas juga mempengaruhi kinerja Perawat