Home ยป Jangan Panik Anak Telat Puber! Ini Faktor Penyebabnya!

Jangan Panik Anak Telat Puber! Ini Faktor Penyebabnya!

Ketika anak-anak lain mulai mengalami masa pubertas dan anak Anda tidak menunjukkan tanda-tanda mengalami pubertas apapun, mungkin Anda akan merasa khawatir. Ya, itu wajar untuk dikhawatirkan karena takut anak Anda mengalami sesuatu ketidaknormalan. Laki-laki akan mengalami pertumbuhan yang pesat pada posturnya, atau suara yang makin berat. Sementara wanita ditandai dengan menstruasi saat puber.

cadenaser.com

Pada beberapa anak, pubertas datang di waktu yang tepat. Namun tak sedikit pula yang terlambat mengalami puber. Anda selaku orang tua tak perlu panik. Berikan saja dukungan pada anak Anda bahwa dia akan secepatnya seperti teman-temannya yang lain.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan anak Anda terlambat mengalami puber, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Genetik bisa saja alasan di balik pubertas yang tertunda. Jika pubertas Anda juga tertunda saat remaja, maka itu bisa menurun kepada anak Anda.
  • Obesitas bisa menjadi alasan di balik puber yang terlambat. Jika anak Anda memiliki kelebihan berat badan, ambil tindakan untuk melakukan diet secukupnya.
  • Umumnya puber pada anak laki-laki bisa terlambat. Anda tidak perlu panik. Biasanya akan datang di usia 9 tahun, namun ada juga yang baru terjadi di akhir usia 15 tahun.

Untuk anak-anak remaja, puber terlambat bisa dikonsultasikan dan diatasi oleh dokter spesialis kesehatan. Umumnya mereka menggunakan suntikan testosteron. Namun hal ini jarang terjadi. Bisa saja menjadi solusi terakhir jika sudah lewat dari usia 15 tahun.

Nah itu faktor-faktor yang bisa menyebabkan anak Anda telat mengalami pubertas.

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *