Digital Health: Indonesia Tak Mau Kalah dalam Teknologi Kesehatan

Insan Medika menghadiri Indonesia-Australia Digital Forum (IADF) yang merupakan komitmen Indonesia dan Australia untuk melakukan kerja sama dalam ekonomi digital. IADF ini diselenggarakan selama dua hari pada 31 Januari-1 Februari 2018. Event ini juga menjadi ajang pameran dan business matching khususnya produk-produk startup Indonesia dan Australia, seperti layanan home care yang dimiliki Insan Medika.

Image result for digital health 2018 kominfo

https://www.kominfo.go.id

Seperti yang dilansir laman Kominfo, untuk mendorong ekonomi nasional berbasis digital, Pemerintah telah mengeluarkan Kebijakan ekonomi yang bertujuan untuk membangun ekosistem perdagangan secara elektronik serta mendorong perluasan dan efisiensi bisnis perdagangan secara elektronik yang dituangkan dalam Peta Jalan (Roadmap) industri e-commerce.

Australia sudah lebih dahulu mengembangkan teknologi di bidang kesehatan yang disebut 'Health Kit'. Sistem tersebut merupakan sumber penyimpanan data kesehatan pasien yang lengkap, meliputi rekam kesehatan hingga perjanjian temu dengan dokter.

Kepala Divisi IT Kesehatan dari Ikatan Konsultan Kesehatan Indonesia (IKKESINDO), dr. Daryo Soemitro, SpBS menuturkan bahwa sistem seperti Helath Kit itu bisa diterapkan di Indonesia asalkan seluruh stakeholder bisa menjalankan pengembangan ini. Lain halnya dengan Sekjen Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Henry Kasyfi yang mengatakan platfrom dari Health Kit bisa berfungsi kalau ada infrastruktur. APJII perannya untuk memastikan digital health itu ada di seluruh wilayah.

Digital Health

Image result for digital health shutterstock

http://www.commsmea.com

Program ini akan fokus pada diskusi tentang peran kesehatan digital bagi pelayanan kesehatan di Indonesia di masa mendatang, dan area yang potensial bagi kerjasama bilateral kedua negara. Juga akan diidentifikasi tantangan bagi dunia kesehatan Indonesia di Tahun 2025, serta melihat berbagai kemungkinan untuk kerja sama bagi kedua negara dalam bidang kesehatan digital.

Peserta pada stream ini terdiri dari pegawai pemerintah, rumah sakit, dan pekerja medis yang berkesempatan untuk memahami konteks kesehatan di Indonesia secara mendalam, serta bertemu dengan para players di sektor kesehatan yang telah memanfaatkan teknologi dan layanan digital untuk memberikan layanan kesehatan yang bermutu tinggi.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan baby sitter.

Tag: articles

Akmelia