5 Tips Nyaman Dan Sehat Saat Macet Mudik

Menjelang hari raya tentu sulit terlepas dari kemacetan bagi para penduduk yang ingin pergi ke kampung halaman. Duduk berjam-jam di kendaraan dapat memicu berbagai reaksi seperti marah, kesal, dan frustrasi yang akan berujung kepada stress dan dapat menjadi kunci berbagai penyakit seperti hipertensi.

Oleh karena itu, yuk simak beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan selama macet.

Cara agar Anda tetap sehat dan nyaman berkendara di waktu macet

1. Hidupkan suasana dengan musik

Image result for menyalakan musik di mobil shutterstock

https://www.bukalapak.com

Dalam keadaan macet, sudah pasti jenuh dan bosan adalah teman. Bukan rahasia umum lagi kalau musik dapat menghilangkan kedua hal tersebut. Dikutip dari Psychologytoday.com, sebuah studi yang dilakukan oleh Stephen Fairclough, seorang profesor psikofisiologi pada tahun 2014 mengungkapkan bahwa musik dapat mempengaruhi emosi dan gaya berkendara pengemudi menjadi lebih tenang. Pilihkah jenis musik seperti easy listening, jazz atau jenis lain yang Anda suka.

2. Jangan biarkan perut kosong

Image result for lapar dan lemas shutterstock

https://www.klikdokter.com

Lamanya macet juga dapat menyebabkan Anda lapar dan haus. Sediakan makanan dan minuman terutama air putih di mobil. Mengonsumsi makanan yang sehat seperti kacang-kacangan dan buah dengan kandungan air seperti semangka lebih baik dibanding dengan makanan junk food. Selain sehat, penyimpanannya juga mudah.

3. Lakukan olahraga simpel di mobil

Image result for relaks di mobil shutterstock

https://www.klikdokter.com

Ada beberapa pilihan gerakan yang dapat Anda lakukan di mobil dengan aman selama macet:

  • Relaks pada daerah pundak Anda. Perlahan putar kepala Anda mendekati pundak. Tahan selama beberapa detik dan ulangi pada sisi lain. Hal ini bertujuan untuk meregangkan bagian leher Anda.
  • Mengepal tangan pada posisi setinggi dada dan saling berhadapan. Kemudian dorong kepalan tangan tersebut dan hitung satu sampai lima. Relaks dan ulangi jika perlu.
  • Kunci kedua tangan satu sama lain lalu lakukan gerakan saling tarik-menarik setinggi dada.

4. Duduk dalam posisi yang benar

Image result for duduk di mobil shutterstock

https://seva.id/otomotif

Menyetir terlalu lama dapat berpengaruh kepada masalah punggung dan postur tubuh Anda. University of Maryland Medical Center menyarankan jangan duduk dengan posisi terlalu membungkuk ke depan sementara kedua tangan berada di setir selama berkendara. Sandaran kursi tidak boleh lebih dari 30 derajat dan jika memungkinkan kursi bagian bawah sedikit dimajukan ke depan. Setelah Anda turun dari mobil, jangan membawa barang yang berat secara langsung.

5. Menjaga sirkulasi udara mobil

Image result for ac di mobil shutterstock

http://dealerhondamks.com

Ternyata udara di dalam mobil tidak menjamin udara yang lebih bersih. Menurut studi, udara di dalam mobil 40 kali lipat lebih berpolusi pada saat mobil berhenti seperti lampu merah dan macet. Aturlah mode AC mobil Anda menjadi ‘recirculate’ dengan simbol panah di dalam mobil dalam keadaan macet, dan jangan lupa untuk membuka jendela selama 1 sampai 2 menit setiap 15-20 menit agar udara dari luar masuk dan tidak terjadi penumpukan karbon dioksida di dalam mobil.

Tag: articles

Akmelia