Cara Alami Mengobati Tifus

Tifus atau demam tifoid adalah suatu infeksi bakteri akut yang disebabkan oleh keberadaan bakteri salmonella typhi pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Masyarakat dan petugas kesehatan sebenarnya lebih sering menyebutnya dengan gejala tipes.

Tifus atau demam tifoid adalah penyakit yang sudah “lazim” bagi masyarakat Indonesia, ini bukan sesuatu yang bisa disepelekan. Tubuh Anda berisiko kekurangan cairan dan beberapa komplikasi yang bisa ditimbulkan setelah Anda terserang tifus, sehingga penanganan terhadap tifus harus dilakukan dengan tepat dan segera.

Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengobati Tifus :

1. Menjaga Kebersihan

Tempat yang kotor memang sumber dari berbagai penyakit, termasuk penyakit Tifus. Penderita tifus harus menjaga kebersihan untuk mempercepat penyembuhan. Menjaga kebersihan agar terhindar dari kontaminasi bakteri atau sumber penyakit yang lain. Penderita tifus memiliki kekebalan tubuh yang lebih lemah dan sangat mudah terkena sumber penyakit lain. Ketika terkena komplikasi maka bisa menghambat penyembuhan dan membuat tifus juga sulit untuk sembuh.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Penderita tifus akan lebih sering kehilangan cairan karena demam dan mual atau muntah. Memberikan banyak air mineral kepada penderita akan membantu penyembuhan menjadi lebih cepat. Terlebih jika penderita juga mengalami diare yang buruk. Cairan akan membantu menurunkan demam, menghambat kerja bakteri dan membunuh bakteri itu secara alami.

3. Makan Pisang

Salah satu buah yang sangat baik untuk menyembuhkan tifus adalah buah pisang. Buah pisang tidak hanya memiliki tekstur yang sangat lembut tapi juga rasa yang sangat manis. Buah pisang bisa menyembuhkan demam akibat tifus dan membantu memperbaiki penyerapan cairan dalam usus. Makan pisang sebanyak 2 buah setiap hari akan menyembuhkan tifus secara alami.

4.  Makan Bawang Putih

Bawang putih bisa meningkatkan kesehatan penderita tifus. Bawang putih mengandung bahan sulfur dan glukosinates yang akan meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan bawang putih bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menurunkan suhu demam yang terlalu tinggi dan membuat penderita tifus menjadi lebih cepat pulih. Cara ini dilakukan dengan makan dua atau satu siung bawang putih ketika perut masih kosong.

5. Makan Telur Rebus

Tifus akan membuat penderita merasa sangat lemah. Demam dan diare akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk. Untuk memulihkan kondisi tubuh maka bisa mengkonsumsi telur rebus. Anda bisa memilih jenis telur ayam kampung atau telur yang diperkaya dengan gizi tambahan seperti omega. Telur rebus merupakan makanan yang mengandung protein dan kalori yang sangat tinggi.

Dengan mengkonsumsi makanan minuman di atas, kita dapat mengobati tifus sendiri di rumah. Tapi penyakit tifus bukanlah penyakit ringan, dan jika tidak tangani dengan baik dapat menyebabkan kematian. Jika keluarga anda ada yang terserang tifus dan tidak ingin dirawat di rumah sakit, Insan Medika menyediakan perawat - perawat yang berkualitas yang dapat menemani keluarga anda yang sedang terserang tifus di rumah. Selama 24 jam perawat dari Insan Medika akan terus menjaga, merawat, dan mengawasi keluarga anda yang sedang sakit.

Tag: articles

arif