6 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan dan Kecerdasan

Jangan makan cokelat, nanti giginya berlubang lho atau nanti tambah gendut lho dan semacamnya, tapi jangan salah. Itu adalah pandangan yang keliru...

Seperti yang dilansir TheAsianparent, banyak pandangan umum yang bilang kalau cokelat berdampak buruk bagi kesehatan maupun penampilan, padahal berdasarkan banyak penelitian telah ditemukan banyak manfaat yang terkandung dalam cokelat. Manfaat cokelat mulai dari segi kesehatan, penampilan bahkan sampai kecerdasan otak. Yuk telusuri manfaatnya!

1. Kandungan Anti Oksidan Tinggi

Image result for antioksidan shutterstock

http://www.klikdokter.com

Manfaat cokelat yang mengandung unsur sejenis flavanoid, berfungsi sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

2. Kesehatan Otak

Image result for kesehatan otak shutterstock

https://hellosehat.com

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat cokelat hitam baik untuk kesehatan otak. Para peneliti di Johns Hopkins University menemukan bahwa cokelat dapat melindungi sel saraf otak dari kerusakan saat terjadi serangan stroke. Manfaat dari cokelat hitam ini juga terbukti mampu meningkatkan memori otak.

3. Kandungan Magnesium Tinggi

Image result for magnesium

https://www.healthline.com

Tanaman kakao sebagai bahan utama cokelat mengandung lebih tinggi magnesium dibandingkan dengan tanaman lain. Magnesium merupakan mineral penting yang membantu dalam proses regulasi sistem pencernaan, saraf, dan kardiovaskuler. Karena itu banyak orang yang mengalami kekurangan magnesium, disarankan untuk menambahkan dark chocolate dalam konsumsi harian mereka.

4. Melawan Kanker

Image result for melawan kanker shutterstock

http://lifestyle.kompas.com

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa manfaat cokelat sebagai salah satu makanan terbaik untuk melawan kanker. Cara kerja cokelat dalam melawan kanker adalah dengan menghambat pembelahan sel dan mengurangi peradangan.

5. Sebagai Anti Depresan

Image result for anti depresan shutterstock

https://tirto.id

Kandungan serotonin di dalam cokelat berfungsi sebagai anti-depresan. Selain itu manfaat cokelat dapat merangsang produksi hormon endorphin, yakni hormon yang dapat menciptakan perasaan bahagia dan senang. Itulah kenapa banyak orang yang sedang merasa tertekan cenderung suka mengkonsumsi cokelat.

6. Umur Panjang

Image result for panjang umur shutterstock

http://lifestyle.kompas.com

Hasil sebuah penelitian di Belanda terhadap 200 pria berusia diatas 20 tahun, menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi cokelat dalam kadar yang lebih banyak, baik berupa susu cokelat susu maupun dark chocolate, cenderung dapat hidup lebih lama dan manfaat cokelat telah dapat menurunkan keseluruhan tingkat penyakit yang diderita oleh para pria yang mengkonsumsi cokelat.

Sebagai bukti pendukung bahwa Jeanne Louise Calment salah satu orang tertua, yang hidup hingga mencapai usia 122 tahun telah memiliki resep panjang umur bahwa dia mengkonsumsi dark chocolate sebesar 2,5 pon dalam seminggu.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan baby sitter.

Tag: articles

Akmelia